Kenapa setiap kapal harus dilengkapi EPIRB



EPIRB atau Emergency Position Indicating Radio Beacon adalah perangkat keamanan yang dibawa oleh sebuah kapal yang digunakan sebagai tanda bagi petugas penyelamat (Rescue Service) untuk melakukan penyelamatan sehingga proses pencarian dapat dilakukan dengan cepat untuk menemukan korban dalam  darurat. 

Ketika diaktifkan EPIRB mengirimkan pesan bersandi di frekuensi darurat pada 406 mhz yang dimonitor oleh sistem satelit COSPAS-SARSAT. 
Peringatan itu kemudian disampaikan pada stasiun di darat pada pusat koordinasi penyelamatan atau lebih dikenal Rescue Coordination Centre (RCC). 

Sebagai satelit yang terletak pada orbit kutub maka satelit ini dapat memancarkan atau mencakup jangkauan yang luas  secara global. Dengan sebuah EPIRB anda dapat memanggil bantuan di mana pun anda berada di planet ini, tidak peduli seberapa jauhnya. 

EPIRB disediakan sesuai standar dengan pemasangan braket dan harus secara manual mengaktifkan, akan tetapi terdapat juga jenis EPIRB yang secara otomatis menyebarkan sinyal darurat dan aktif ketika EPIRB tenggelam. 

Sebuah EPIRB merupakan bagian dari peralatan GMDSS yang diamanatkan  untuk semua kapal komersial atas 300 Ton, namun banyak kapal dibawah 300 Ton dan kapal rekreasi memilih untuk membawa sebuah EPIRB untuk menjaga keselamatan dan menyelamatkan ratusan nyawa sejak alat ini diperkenalkan.


Memilih EPIRB



Berikut ini adalah referensi untuk model EPIRB yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan penggunaan :



EPIRB I dan II


EPIRB


Jenis EPIRB I hanya dapat memancakan sinyal bahaya dan mengidentifikasi posisi kapal dan awak kapal jika secara manual diaktifkan.




EPIRB II
Sedangkan jenis EPIRB II memiliki sebuah braket khusus yang dapat membuat EPIRB otomatis mengapung ke permukaan dan secara otomatis memancarkan sinyal darurat tanpa bantuan manual ketika EPIRB mendapat tekanan air. Baik EPIRB I atau II memancarkan sinyal darurat pada frekuensi 406 mhz .



GPS-Enhanced EPIRB




GPS yang terintegrasi EPIRB, jenis EPIRB ini dapat mengurangi lamanya proses pencarian
GPS-Enhanced EPIRB
dan penyelamatan yang jangkaua GPSnya sekitar dua mil persegi sampai 300 kaki. Keunggulan lainya dari EPIRB jenis ini adalah mempercepat waktu pelaporan keadaan darurat kepada petugas penyelamat biasanya berlangsung selama 90 menit menjadi hanya lima menit. Alat ini telah dilengkapi penerima sinyal GPS atau dapat terhubung ke GPS yang lain.


Smart EPIRB



EPIRB Jenis baru dengan tampilan digital yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Informasi  yang ada dilayar digital dapat memberikan informasi
Smart EPIRB
bahwa EPIRB berkerja sesuai dengan kegunaannya atau bekerja dengan benar , memandu pengguna melakukan  prosedur aktivasidengan benar , memastikan sinyal darurat telah diterima, menunjukkan lokasi keberadaan anda dan mengetahui daya baterai yang tersisa dan memberitahu anda ketika EPIRB perlu ydilakukan perawatan



PLB



Alat ini berfunsi seperti EPIR. Palm-size PLB
PLB
karena bentuknya yang kecil maka dapat dikenakan di ikat pinggang, pakaian, life jacket atau dibawa oleh seseorang. Sinyal darurat dipancarkan melalui satelit yang sama dengan EPIRB. PLB hanya dapat diaktifkan secara manual dan hanya dapat digunakan dari 24 hingga 35 jam (Waktu penggunaan epirb mungkin melebihi 72 jam) alat ini dibuat sempurna  jika anda pergi ke laut.



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.